Jumat, 02 Agustus 2013

Cerpen Gita Gutawa Penyelamat dari Oksigen yang Berkhianat

Haloo semua. Udah lama banget nih ga nge post.  Kali ini aku akan memposting cerpen ku untuk mengikuti kuis #KadoUntukGita dari pihak www.gitalovers.com . Cerpen ini judulnya 'Gita Gutawa Penyelamat dari Oksigen yang Berkhianat'. Loh loh kok ada Oksigen nya segala? Hehe iyaa, sekarang aku sekolah di jurusan analis kimia. Jadi kimia itu akan jadi sahabat aku juga. Makanya aku ingin cerpenku ini ada unsur kimianya juga. Tapi mohon maaf sebelumnya, karena aku baru kelas X, jadi pengetahuanku tentang kimia masih minim bangeet..

Oh ya satu lagi, kupersembahkan cerpen ini hanya untuk Kak Gita seorang. Happy Birthday kak, I have many wishes for you, but I'll state them in a sentence 'I always hope you be the best now, and forever.' :)
 aku berharap cerpen ini bisa dibaca langsung sama kak Gita hehe :D aamiin. 
Udah ah, langsung ajaa yaa..

GITA GUTAWA PENYELAMAT DARI OKSIGEN YANG BERKHIANAT

“Doo Be Doo Be Doo Be Doo Bae..“ Suara alarm lagu Doo Be Doo nya Gita Gutawa terdengar nyaring di telingaku. Tapi karna kemarin aku pulang larut sekali, lagu ini belum bisa membangunkanku.

“Karboooon cepet bangun, udah siang !! lihat itu udah jam berapa.. kamu mau membantu manusia kan?” Teriak ibuku dengan frekuensi ultrasonik.

“Mau bu, tapi masih ngantuk.” Jawabku dalam keadaan setengah sadar setengah tidak.

“Ngantuk ngantuk! Bangun cepeeet! Kasihan tuh Gita Gutawa udah nyanyi satu album buat kamu, kamunya belum bangun-bangun!” Ibu memaksaku bangun.

Aku pun akhirnya terbangun karna tak kuat mendengar suara ibuku yang berfrekuensi tinggi. Sebenarnya, jika aku manusia, mungkin aku tidak bisa mendengar suara ibuku sendiri, karna bisa-bisa saraf telingaku sudah putus semua. Tapi ya untungnya aku bukan manusia, aku ini.. Karbon. Aku adalah salah satu unsur yang ada di alam ini.

Aku pun merapikan tempat tidurku, kemudian bersiap-siap untuk pergi membantu manusia.

“Nah gitu dong. Anak ibu yang satu ini harus rajin ya kerjanya, jangan malas-malasan lho..”

“Siaap. Ya udah, Karbon pergi dulu ya bu, jangan lupa doain Karbon..”  Ujarku sambil berpamitan.

“Iyaa pasti ibu doakan.”

Aku pun keluar dari kompleks perumahanku, gang 2 blok IV A no. 6,desa Sistem Periodik Unsur. Hari ini aku pergi sendiri, karena teman-temanku kebagian tugas di tempat lain. Aku pun menyusuri gang-gang kompleks. Tiba-tiba pandanganku terhenti di sebuah taman yang cukup luas. Di sana ada sebuah kursi panjang di dekat air mancur. Aku melihat... Oksigen. Ya aku melihat Oksigen pacarku sedang duduk di sana. Ku tajamkan lagi penglihatanku, dan benar ternyata itu Oksigen. Tapi siapa yang ada di sampingnya?

Aku pun mencoba mendekat dengan hati-hati. Saat aku sudah hampir dekat dengan mereka, aku sembunyi di balik pohon entah apa namanya yang cukup besar. Aku belum bisa melihat siapa sosok yang ada di samping Oksigen, karna mereka membelakangiku.

Aku tetap dalam posisi tempatku semula. Saat kulihat, mereka duduk semakin rapat, dan juga bertambah
mesra! Kulihat mereka bercanda gurau, tertawa, mengobrol. Sosok di sebelah Oksigen itu sepertinya menyadari keberadaan ku, ia langsung menolehkan kepalanya ke belakang, mencoba mencari sesuatu yang dari tadi mengintip, yang tak lain adalah aku. Kulihat siapa sosok itu, dan ternyata dia..... Hidrogen! Tiba-tiba alarm lagu Salah Jatuh Cinta Gita Gutawa berbunyi menandakan aku harus segera pergi bekerja.  Aku pun meninggalkan taman, dan bergegas pergi ke kantor.

Sepanjang perjalanan menuju kantor, perasaanku kalut. Ternyata benar apa yang dulu pernah dikatakan sahabatku Nitrogen, bahwa Oksigen itu tidak akan pernah setia! Dia selalu saja terlibat cinta lokasi saat bekerja. Tapi aku masih belum sepenuhnya percaya, Oksigen sangat perhatian padaku. Dia baik, dan kami pun sudah pacaran lebih dari 4 tahun. Mana mungkin ia berkhianat. Aku mencoba berpikir positif, tapi tetap saja pikiran-pikiran negatif yang muncul.

Saat sampai di kantor tempatku bekerja, aku dikagetkan oleh sesuatu yang menepuk bahuku.
“Ehem, tadi gimana seru kan liatin kita pacaran?” Tanya Hidrogen dengan nada angkuh nan mengejek.

“Maksudnya?” Aku pura-pura tidak tahu. Tapi aku tak pandai berbohong, karna sebelum aku berkata itu, wajahku sudah merah duluan.

“Udah deh ga usah belaga gatau. Tadi kamu mergokin aku pacaran sama Oksigen kan di taman? Ngaku deh!” Uhh ketahuan kan, ujarku dalam hati.

Aku diam. Membisu. Mati kutu. Mati kata. Tak bisa bicara apa-apa.

“Hahahaha tuh kan, ngaku  aja deh kamu!! Tapi jangan jealous ya, karna unsur kayak kamu tuh ga akan bisa dapetin itu semua.” Hidrogen tertawa dengan nada mengejek. Super mengejek, membuatku harus extra sabar menahan amarah.

“Aku ga percaya Oksigen bisa kayak gitu! Dia baik banget sama aku kok, dia ga mungkin berkhianat! Mungkin kamu  aja yang kecentilan.”

“Halooo.. sadar diri deh, pake ngatain aku kecentilan segala lagi. Asal kamu tau ya, Oksigen itu selama ini cuma manfaatin kamu aja tau! Lagian mana mungkin dia beneran mau sama kamu. Kamu itu kan anak pungut, nama penemu kamu aja sampai sekarang ga diketahui. Hari ini juga kamu sama aku bakal kerja bareng membentuk senyawa hidrokarbon yaitu metana yang rumus kimianya CH4. Kamu tau sendiri kan itu artinya apa? Ya! Atom Karbon itu Cuma dibutuhin satu, sedangkan Hidrogen itu empat! Keliatan kan, mana yang paling dibutuhin?” Hidrogen menyudutkanku, sampai-sampai aku merasa kaku, tak bisa bergerak,tak bisa bernapas. Nada bicaranya masih sama seperti awal dia memulai pembicaraan.

“Tapi...” Belum sempat aku berkata, Hidrogen sudah melanjutkan.

“Oh yaa.. dan satu lagi, kamu itu ga pantas buat pacaran sama Oksigen. Lihat deh apa yang terjadi kalau kamu bersatu sama Oksigen. Kalian bikin senyawa CO2 lah, CO lah, dan semua itu berbahaya buat manusia! Sedangkan kalau aku bersatu sama Oksigen, kita bisa bikin senyawa H2O yang jelas-jelas sangat DIBUTUHKAN manusia!” Hidrogen kembali menyudutkanku, dan menekankan bicaranya pada kata ‘dibutuhkan’.

Aku merenung. Aku hampir menangis mendengar itu semua. Karna semua yang dikatakan Hidrogen memang BENAR! Ya! Itu semua benar. Nama penemuku memang tidak diketahui sejak dahulu. Aku tak dibutuhkan! Aku pembawa bencana! Aku tak kuat dengan semua kejadian ini yang datang langsung secara tiba-tiba. Aku pun memutuskan untuk pulang ke rumah, meminta izin pada bosku untuk tidak bekerja hari ini.

Di perjalanan pulang, nada dering Parasit dari hpku berbunyi. Sejenak aku teringat akan Oksigen yang telah memanfaatkanku, sangat sesuai dengan isi lirik lagu Parasit Gita Gutawa. Tapi aku mengabaikan memoriku itu dan langsung mengangkat telpon, yang ternyata dari sahabatku Nitrogen.

“Halo Karbon, kamu di mana? Perasaanku kok ga enak ya, aku takut kamu kenapa-kenapa. Kamu ga apa-apa kan?” Tanya Karbon khawatir akan diriku.
“Engga apa-apa kok, hanya sajaaaaaa...” Tangisku pecah seketika.

“Hanya saja apaa? Kamu di mana Karbon?”

“A aku, di ja lan pu lang..” Jawabku sambil masih terisak.

“Ya udah aku ke sana. Sampai ketemu di rumah kamu ya. Dah”
Piip. Telpon pun terputus.

Aku pun sampai di rumah. Aku duduk di sofa, sambil menonton TV. Ternyata ada Gita Gutawa yang sedang memperkenalkan anak-anak Di Atas Rata-Rata.Seketika aku lupa akan kesedihanku. Aku bisa tersenyum dan menyaksikan acara sampai selesai.

Acara pun selesai. Gita Gutawa dan anak DARR menghilang dari layar TV. Tiba-tiba sedihku muncul lagi.
Tak lama kemudian, Nitrogen datang. Nitrogen menanyakan apa yang terjadi padaku. Aku pun menceritakan segala hal yang terjadi mulai dari kejadian di taman, hingga aku yang izin karna tak kuat bekerja dengan Hidrogen.

Nitrogen ikut prihatin, ia pun menghiburku.
“Karbon, ayolah jangan bersedih. Coba deh dengerin dulu lagu ini.” Nitrogen memutarkan lagu Melangkah Lagi nya Gita Gutawa dari playlistnya.

“Pagi ini.. Kau awali harimu. Dengan kesedihan, yang begitu dalam. Biarku usap air matamu, ku kan ada di sini selalu bersamamu. Angkatlah wajahmu, tebarkan senyummu......” Aku tersenyum mendengar suara merdu idola ku.

Aku dan Nitrogen pun bernyanyi bersama. “Dan biarlah semua yang tlah berlalu. Jangan kau sesali, sambutlah hari baru. Tegakkan wajahmu, tumbuhkan asamu. Teruslah melangkah, jangan menyerah..” Kami bernyanyi hingga lagu berhenti.

“Renungin deh lirik lagu itu, isinya dalem banget. Lagu ini bisa bangkitin semangat kita, saat kita lagi jatuh dan sedih. Lagipula, apa yang dikatakan Hidrogen itu ga semuanya bener. Justru kamu itu sangat dibutuhkan oleh manusia dan alam ini.” Nitrogen memberi penjelasan padaku, kemudian tersenyum. Senyumannya mampu menyejukkan hatiku.

Ya! Benar apa yang dikatakan Nitrogen. Dan Benar apa yang ada di dalam lagu Melangkah Lagi Gita Gutawa. Aku tidak boleh menyerah, aku tidak boleh sedih. Biarlah kejadian ini aku jadikan batu loncatan, bukan batu sandungan. Aku dibutuhkan kok. Aku akan buktikan kalau aku itu dibutuhkan.  Lagipula mungkin nanti aku akan mendapatkan pacar, yang lebih dan jauh lebih baik daripada Oksigen. Aku akan buktikan itu.

Terimakasih sahabatku Nitrogen. Terimakasih Idolaku Gita Gutawa. Kalian sangaaat berarti bagiku. Kalian penyelamatku. Aku harap aku dapat selalu bersama kalian sampai kapanpun. Dan aku berharap aku bisa bertemu dan bisa membantu Gita Gutawa secara langsung.

Haloo duniaaa, aku Karbon sang Unsur yang sangat dibutuhkan! 

-The End-

Maaf yaa kalau tidak menarik, terimakasih :)
#KadoUntukGita
www.gitalovers.com


Jumat, 25 Mei 2012

Sistem Pernapasan pada Manusia


Sistem Pernapasan pada Manusia

Pernapasan manusia meliputi proses inspirasi dan ekspirasi. Inspirasi adalah pemasukan udara luar ke dalam tubuh melalui alat pernapasan. Ekspirasi adalah pengeluaran udara pernapasan dari alat pernapasan.

A. Organ Pernapasan

1. Hidung     

            Hidung merupakan muara keluar masuknya udara pernapasan. Di dalam hidung, udara mengalami beberapa perlakuan sebagai berikut :
a) Udara yang masuk akan disaring oleh rambut hidung
b) Udara dihangatkan oleh kapiler darah yang ada di dalam hidung
c) Udara dilembapkan oleh lapisan lendir yang ada di dalam rongga hidung.

2. Faring

            Faring merupakan saluran sepanjang 12,5 – 13 cm sebagai kelanjutan dari saluran hidung yang meneruskan udara ke laring.

3. Laring (Pangkal Tenggorokan)

            Laring terdiri dari lempengan-lempengan tulang rawan. Dinding bagian dalam dapat digerakkan oleh otot untuk membuka dan menutup glotis. Glotis merupakan lubang/celah yang menghubungkan trakea dengan faring.

4. Trakea (Batang Tenggorokan)

            Trakea ialah berupa saluran berongga dengan dinding dari cincin-cincin tulang rawan. Pada trakea terdapat otot polos untuk menjaga agar bronkus tidak mengempis saat bernapas. Trakea juga mengandung lendir dan silia untuk menyaring debu dan bakteri.
5. Bronkus (Cabang Batang Tenggorokan)
           
            Bronkus merupakan percabangan trakea menuju paru-paru. Bronkus bercabang lagi membentuk bronkiolus. Pada bronkiolus respirasi, terdapat gelembung alveolus sebagai tempat terjadinya pertukaran gas antara darah dengan udara bebas.

6. Paru-paru
           
            Paru-paru merupakan tempat terjadinya pertukaran gas oksigen dan karbondioksida. Paru-paru kanan terdiri dari tiga gelambir, sedangkan paru-paru kiri terdiri dari dua gelambir. Paru-paru terbungkus oleh selaput rangkap yang disebut peura.



B. Kapasitas Paru-paru

1. Udara Pernapasan/Tidal

            Udara tidal adalah volume udara yang masuk dan keluar paru-paru saat terjadi pernapasan biasa. Kurang lebih sebanyak 500 cc / 0,5 l

2. Udara Suplementer

            Udara suplementer adalah volume udara yang dapat keluar dari paru-paru dengan mengembuskan napas sekuatnya setelah bernapas biasa. Kurang lebih sebanyak 1500 cc / 1,5 l

3. Udara Komplementer
           
            Udara komplementer    adalah volume udara yang dapat masuk paru-paru dengan menarik napas sedalam-dalamnya setelah bernapas biasa. Kurang lebih sebanyak 1500 cc / 1,5 l

4. Udara Residu

            Udara residu adalah volume udara yang selalu ada dalam paru-paru dan tidak dapat dikeluarkan/ selalu tinggal di paru-paru. Volumenya sebanyak 1000 cc / 1 l

5. Kapasitas Vital Paru-paru
           
            Kapasitas vital paru-paru adalah volume udara yang dapat keluar masuk secara maksimal dari atau ke paru-paru. Kurang lebih sebanyak 4000 cc / 4 l. Kapasitas vital paru-paru merupakan hasil penambahan udara pernapasan, udara komplementer, dan udara suplementer.
6. Kapasitas Total Paru-paru

            Kapasitas total paru-paru adalah volume udara yang dapat ditampung oleh paru-paru secara maksimal. Volumenya sebanyak 5000 cc / 5 l. Kapasitas total paru-paru merupakan penjumlahan dari kapasitas vital paru-paru dengan udara residu.



C. Teknik Pernapasan

1. Pernapasan Dada

a. Fase Inspirasi
            Saat fase inspirasi otot antar tulang rusuk mengalami kontraksi (tegang), volume rongga dada bertambah sehingga tekanan udara di paru-paru lebih kecil dibanding tekanan udara di atmosfer. Akibatnya udara luar masuk ke dalam paru-paru.

b. Fase Ekspirasi
            Saat fase ekspirasi otot antar tulang rusuk kembali relaksasi (kendur), volume rongga dada berkurang sehingga tekanan udara di paru-paru lebih besar dibandingkan di atmosfer. Akibatnya udara keluar dari paru-paru ke atmosfer.

2. Pernapasan Perut

a. Fase Inspirasi
            Saat fase inspirasi otot diafragma kontraksi (tegang), sehingga diafragma mendatar dan volume rongga dada membesar. Akibatnya tekanan udara di paru-paru lebih kecil dari tekanan udara luar sehingga udara masuk ke paru-paru.

b. Fase Ekspirasi
            Saat fase ekspirasi otot diafragma kembali relaksasi (kendur), sehingga diafragma melengkung ke atas dan volume rongga dada mengecil. Akibatnya tekanan udara di paru-paru lebih besar sehingga udara keluar dari paru-paru.



D. Gangguan / Penyakit Sistem Pernapasan

1. TBC (Tuberculosis)

            TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Bakteri ini menginfeksi paru-paru yang menyebabkan timbulnya bintil-bintil kecil pada dinding alveolus sehingga mengganggu proses difusi oksigen. TBC juga dapat diakibatkan oleh gizi yang buruk. Gejala penyakit berupa : berat badan menurun drastic, batuk berdarah, sesak napas, dan berkeringat malam hari. Penderita TBC biasanya dikarantina di sanatorium.

2. Pneumonia

            Pneumonia merupakan peradangan pada paru-paru. Penyakit ini dapat disebabkan oleh mikroorganisme seperti virus, bakteri, fungi, dan mikoplasma. Dapat juga disebabkan oleh alergi.

3. Influenza (Flu)

            Influenza merupakan peradangan selaput rongga hidung yang disebabkan oleh infeksi virus influenza. Dapat menular melalui udara.

4. Bronkitis

            Bronkitis adalah peradangan yang terjadi pada bronkus atau cabang tenggorok. Penyakit ini dapat disebabkan oleh debu, infeksi, asap rokok, dan bau-bauan menyengat yang dapat menimbulkan iritasi pada saluran pernapasan dan paru-paru.

5. Selesma

            Selesma disebabkan oleh virus yang menginfeksi saluran pernapasan. Pada awalnya lendir pilek yang dihasilkan cair, kemudian menjadi hijau kekentalan. Penularan lewat udara dan kontak langsung dengan hidung.

6. Pleuritis

            Pleuritis merupakan peradangan pada pleura atau selaput pembungkus pasru-paru. Pada penderita pleuritis terdapat cairan yang berlebihan diantara lapisan pleura sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri.

7. Asma
           
            Asma adalah gangguan pada proses pernapasan karena adanya penyempitan saluran penapasan sehingga penderitanya akan mengalami kesulitan bernapas. Asma dapat disebabkan oleh alergi, misalnya alergi terhadap udara, debu, bulu binatang, dll.

8. Kanker Paru-paru

            Kanker paru-paru merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh rokok. Penyakit ini sangat sulit disembuhkan dan mematikan. Sel-sel kanker pada paru-paru terus tumbuh hingga tidak terkendali.


9. Faringitis

            Faringitis adalah penyakit infeksi pada faring yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Gejalanya adalah kerongkongan terasa nyeri pada saat menelan makanan.

10. Difteri

            Difteri adalah penyakit yang menyerang saluran pernapasan bagian atas. Penyakit ini umumnya terjadi pada anak-anak. Difteri disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae.

11. Asfiksi
           
            Asfiksi adalah gangguan pengangkutan dan pengikatan oksigen oleh hemoglobin (Hb). Asfiksi umumnya disebabkan oleh keracunan gas karbon monoksida (CO) dan sianida (Cn), kedua zat tersebut merupakan zat beracun yang mempunyai daya ikat terhadap hemoglobin. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian.

Bahan Kimia (Tugas Biologi 8-8)


BAHAN KIMIA

Kelompok 1
1. OSKADON
Komposisi     :
  • Paracetamol  -> analgesik dan antiperik
     Fungsi -> menghilangkan rasa sakit/nyeri & menurunkan panas
     Dampak -> menimbulkan kerusakan hati
  • Caffeine anhydrous -> penenang
     Fungsi -> menghilangkan rasa lesu, dan menimbulkan rasa nyaman
     Dampak -> menimbulkan ketergantungan

2. RINSO
Bahan aktif :
  • Natrium Aikilbenzena Sulfonal -> surfaktan
     Fungsi -> menurunkan tegangan permukaan air sehingga melepaskan kotoran yang menempel
  • Natrium fosfat -> builder
     Fungsi -> meningkatkan efisiensi pencuci dari surfaktan dengan cara menon-aktifkan mineral penyebab kesadahan air.
  • Natrium karbonat -> anti sadah
     Fungsi -> mengatasi kesadahan air yang mengurangi kinerja surfaktan
Dampak : mencemari air

3. RAPIKA
Bahan aktif :
  • Silicone -> pelican
     Fungsi -> melicinkan pakain agar mudah di setrika, dan melembutkan pakaian

4. CHEETOS (Jagung Bakar)
Komposisi :
  • Jagung -> Penyedap rasa alami
     Fungsi -> sebagai bahan baku utama, memberikan rasa jagung
  • Minyak kelapa sawit -> penyedap rasa alami
     Fungsi -> bahan untuk memasak makanan, memberi rasa gurih
  • Mononatrium glutamat -> penguat rasa / penyedap rasa buatan
     Fungsi -> menyedapkan makanan, dan menguatkan rasa makanan
     Dampak -> kanker, menurunkan kinerja otak, hipertensi

Bahan tambahan :
  • Dinatrium Inosinat -> penyedap rasa buatan
  • Dinatrium Guanilat -> penyedap rasa buatan
  • Bubuk kecap -> penyedap rasa buatan
     Fungsi -> memberi rasa manis/asin pada makanan
     Dampak -> sakit tenggorokan, amandel
·        Hidrolisat protein nabati -> penyedap rasa buatan

5. FRUIT TEA (Freeze)
Komposisi :
·        Air -> Pelarut
     Fungsi -> Bahan utama minuman, pelarut bahan lain
·        Gula -> pemanis alami
     Fungsi -> memberi rasa manis pada minuman
     Dampak -> batuk, obesitas
·        Estrak teh -> pewarna alami, antioksidan primer
     Fungsi -> memberi warna coklat pada minuman
·        Asam sitrat -> perasa buatan
     Fungsi -> memberi rasa asam pada minuman
·        Natrium sitrat -> perisa buatan
·        Asam askorbat -> antioksidan alami
     Fungsi -> menetralkan radikal bebas di seluruh tubuh
·        Konsentrat sari buah & perisa -> perisa buatan

Kelompok 3
1. PEPSODENT
Komposisi :
·        Flouride -> menguatkan gigi
·        Hidrogen peroksida -> pemutih
·        Sodium Hidroksida -> basa
·        Alkohol -> mempercepat penyerapan pasta gigi ke gigi
·        Triclosan -> mengurangi bakteri penyebab plak
·        Sodium monofuophosphate ->mencegah lubang pada gigi

2. VETSIN
Komposisi :
  • Mononatrium glutamat -> penyedap rasa buatan

3. MOMOGI
Komposisi :
  • Jagung -> penyedap rasa alami
  • Minyak sayur -> bahan untuk memasak makanan
  • Gula -> pemanis alami
  • Coklat bubuk -> pewarna buatan
  • Susu bubuk -> perasa buatan
  • Garam -> penyedap rasa alami, pengawet alami
  • Perisa coklat -> perisa buatan
  • Pewarna makanan -> pewarna alami

4. ATTACK
Komposisi :
  • Surfaktan biodegradable -> surfaktan
     Fungsi -> menurunkan tegangan permukaan air sehingga melepaskan kotoran yang menempel tanpa mencemari lingkungan.

5. DECOLGEN
Komposisi :
  • Parasetamol -> analgesik dan antiperik
     Fungsi -> menghilangkan rasa sakit/nyeri & menurunkan panas
  • Fenilpropanolamin HCl -> dekongestan hidung
  • Klorfeniramin Maleat -> merangsang maupun menghambat susunan saraf pusat
     Dampak : sedatif, gangguan saluran cerna, mulut kering, kesukaran miksi

Kelompok 4
1. BENG-BENG
Komposisi :
  • Glukosa -> memenuhi kebutuhan karbohidrat
  • gula -> pemanis alami, pengawet alami
  • susu bubuk -> perisa buatan, pewarna buatan
  • tepung terigu -> bahan baku
  • lemak nabati -> antioksidan
  • lemak kakao -> antioksidan
  • kakao massa -> perasa buatan
  • serebat
  • maltodekstrin -> pengental, emulsifer
  • dekstrosa -> sumber karbon
  • lemak susu -> pengembang
  • pengemulsi -> pengemulsi/penstabil
  • garam -> penyedap alami, pengawet alami
  • bahan pengembang -> pengembang
  • perisa coklat -> perisa alami
  • vanili -> perisa alami, pewangi makanan

2. OREO
Komposisi :
  • Gula -> pemanis alami, pengawet alami
  • tepung terigu -> bahan baku, sumber karbohidrat
  • minyak nabati -> penyedap alami
  • bubuk coklat -> pewarna buatan
  • sirupfruktosa -> pemanis buatan
  • pati jagung -> pengental
  • garam -> penyedap alami, pengawet alami
  • pengembang -> pengembang
  • pengemulsi -> pengemulsi/penstabil
  • perisa vanilla -> perisa buatan
  • gandum -> mencegah kerusakan gigi
  • kedelai -> antioksidan alami

3. BIOYESTIC
Komposisi :
  • Each tablet contains
  • Paracetamol ->

4. SHAMPO CLEAR
Komposisi : Water, sodium, cocamidropely

5. KISPRAY
Bahan aktif : Akkyl dimethylbenzyl ammonium chloride


Kelompok 5
1. TEH KOTAK
Komposisi :
  • Air -> pelarut
  • Gula -> pengawet dan pemanis alami
  • The melati -> bahan utama
  • Sodium -> sebagai soda

2. LAYS
Komposisi :
  • Kentang -> bahan utama
  • Minyak kelapa sawit -> pengawet
  • Mononatrium glutamat -> pengawet (senyawa garam/penyedap rasa)
  • Dinatrium ribonukleotida -> penyedap rasa

3. OREO
Komposisi :
  • Gula -> penyedap dan pengawet
  • Minyak nabati -> pengawet
  • Tepung terigu -> bahan utama
  • Pati jagung -> penyedap
  • Garam -> penyedap dan pengawet
  • Natrium -> bahan penyeimbang air, basa, dan asam
  • Amonium bikarbonat -> sebagai baking powder
  • Lositin kedelai -> penyedap
  • Asam sitrat -> penyedap rasa
  • Karmin -> bahan pewarna makanan


4. PASTA GIGI
Komposisi :
  • Sodium monofluorohosphate -> melindungi eminel gigi
  • Kalsium karbonat -> zat utama pembentuk tulang
  • Sodium lauryl sulfate -> zat pembersih
  • Silicia -> zat pembersih
  • Sodium saccharin -> pewarna
  • Sorbitol -> pemanis
  • Xylitol -> pemanis alami, mencegah lubang pada gigi
  • Sodium fluoride -> senyawa garam, penguat gigi
  • Air -> bahan pelarut
  • Flavour -> perisa
  • Cellulose gum -> zat pengenyal
  • Menthyparoben -> zat pelarut
  • Enthyparaben -> zat pengawet
  • Glycerin -> sitrun
  • Propyleneglycol -> zat pelembab

5. SANAFLU
Komposisi :
  • Paracetamol -> zat untuk menghilangkan nyeri dan menurunkan demam
  • Fenilipnopanolamin HCl -> menekan syaraf

Kelompok 7
1. TEH ECO
Komposisi :
  • Air -> melarutkan bahan utama
  • Gula -> Pemanis alami
  • Daun teh -> memberikan warna dan rasa teh
  • Kalium sorbat -> pengawet buatan
  • Perisa melati -> perisa buatan, memberi rasa harum pada minuman
Dampak : merusak organ tubuh seperti ginjal.

2. FEMINAX
Komposisi :
  • Paracetamol -> menghilangkan rasa sakit nyeri
  • Hyoscyami Extract (bahan alami) -> melancarkan haid
Dampak : kerusakan hati

3. BETTER
Komposisi :
  • Tepung terigu, gula, minyak nabati, susu bubuk, kakao bubuk, ekstrak malt, whey, glukosa, maltodekstrin, garam, bahan pengembang (Amonium bikarbonat), (natrium bikarbonat), pengemulsi (lesirin kedelai), vanili, perisa coklat

4. FACIAL FOAM PIGEON
Komposisi :
  • Purified water -> pembersih
  • sodium laureth sulfate -> surfaktan, pembentuk busa
  • cocamidopropyl betaine -> surfaktan
  • sodium stearate -> mengangkat sel kulit yang mati, mencerahkan kulit
  • glycerine -> melembabkan kulit wajah
  • phenoxyethanol -> antiseptik
  • citric acid -> mencegah penggumpalan darah dalam tubuh
  • ethoxy diglycol -> pengental
  • and PEG -26 -> membuka membran sel, mempermudah proses fusi
  • jojoba acid -> pengemulsi
  • jojoba alcohol -> pengemulsi
  • hydrogenated castor oil -> solubilizer untuk essence agar tidak keruh
  • jojoba extract ->
  • trideceth -9 ->
  • bisabolol -> antiirritant
  • tetrasodium EDTA -> antioksidan

5. GOOD TIME
Komposisi :
  • Tepung coklat, gula, minyak sayur, tepung kelapa, telur, sodium bicarbonat, garam, susu bubuk, emulsifer, perasa vanilla, dan sedikit kacang

Jumat, 27 April 2012

Lirik Lagu JKT48 - Heavy Rotation



Jepang


I WANT YOU!
I NEED YOU!
I LOVE YOU!
atama no naka
gangan natteru MUSIC
HEAVY ROTATION

POPCORN ga hajikeru yoo ni
'suki' toyuu moji ga odoru
kao ya koeo omou dake de
ite mo tatte mo irarenai
konna kimochi ni narerutte
boku wa tsuite iru ne

I WANT YOU!
I NEED YOU!
I LOVE YOU!
kimi ni ae te
dondon chikazuku sono kyori ni
MAX HIGH TENSION

I WANT YOU!
I NEED YOU!
I LOVE YOU!
HEART no oku
janjan afureru itoshi sa ga
hebii rooteeshon

hito wa dare mo isshou no uchi
nan kai aiseru no darou
tatta ichido wasurerarenai
koi ga deki tara manzoku sa
sonna tokimeki wo kanji te
hana wa hokorobu no kana ?

I FEEL YOU!
I TOUCH YOU!
I HOLD YOU!
yume no naka de
dandan ookiku natte yuku
boku no IMAGINATION

I FEEL YOU!
I TOUCH YOU!
I HOLD YOU!
kono omoi wo
binbin tsutaette hoshii kara
HEAVY ROTATION

itsumo kii te ta
Favorite Song
ano kyoku no you ni
zutto kurikaeshite ni-juu-yon jikan
kimi dake REQUEST chuu~

I WANT YOU!
I NEED YOU!
I LOVE YOU!
kimi ni ae te
dondon chikazuku sono kyori ni
MAX HIGH TENSION

I WANT YOU!
I NEED YOU!
I LOVE YOU!
HEART no oku janjan afureru itoshi sa ga
HEAVY ROTATION
HEAVY ROTATION





English


I WANT YOU!
I NEED YOU!
I LOVE YOU!
Ringing in my head pounding MUSIC
HEAVY ROTATION

Like popcorn popping
The word 'Love' dances
Just thinking about your face and voice
I get excited
Such feelings make me feel
like I'm attached to you
 

I WANT YOU!
I NEED YOU!
I LOVE YOU!
The waiting to see you
shortens so fast
at MAX HIGH TENSION

I WANT YOU!
I NEED YOU!
I LOVE YOU!
The overflowing love
through the ding-dongs deep in my HEART goes
HEAVY ROTATION

How many times in our lives will we fall in love?
Sometimes someone's unforgettable
But when our love is satisfying
I feel such a thrill
What frays around the edges of the flowers?

I FEEL YOU!
I TOUCH YOU!
I HOLD YOU!
Getting Bigger goes in my dreams
My IMAGINATION

I FEEL YOU!
I TOUCH YOU!
I HOLD YOU!
I want to convey these feelings to Bing
HEAVY ROTATION

I always listen to my
FAVORITE SONG
Like that tune
Being repeated 24
at your REQUEST

I WANT YOU!
I NEED YOU!
I LOVE YOU!
The waiting to see you
shortens so fast
MAX HIGH TENSION

I FEEL YOU!
I GOT YOU!
I HOPE YOU!
The overflowing love
through the ding-dongs deep in my HEART goes
HEAVY ROTATION
HEAVY ROTATION



Indonesia

one two three four
i want you (i want you)
i need you (i need you)
i love you (i love you) 
di dalam benakku
keras berbunyi irama musikku, 
heavy rotation

seperti popcorn yang meletup-letup
kata-kata suka menari-nari
wajahmu suaramu selalu ku ingat
membuatku menjadi tergila-gila
oh senangnya miliki perasaan ini
ku sangat merasa beruntung

i want you (i want you) 
i need you (i need you)
i love you (i love you) 
bertemu denganmu
semakin dekat jarak di antara kita, 
maximun high tention

i want you (i want you) 
i need you (i need you)
i love you (i love you) 
di lubuk hatiku
rasa sayang yang terus menerus meluap, 
heavy rotation

dalam kehidupan setiap manusia
berapa kali bisa rasakan cinta
jika ada satu cinta tak terlupa
ku akan merasa sangat bahagia
mungkin seperti perasaan sekuntum
bunga saat dia akan mekar

i feel you (i feel you) 
i touch you (i touch you)
i hold you (i hold you) 
di dalam mimpiku
angan-anganku menjadi semakin besar, 
oh it’s my imagination

i feel you (i feel you) 
i touch you (i touch you)
i hold you (i hold you) 
perasaan ini
ku sangat ingin mengutarakan padamu, 
heavy rotation

yang selalu ku dengarkan favorite song
seperti lagu yang ku suka
ku ulang terus tanpa henti 
twenty four hours a day
oh baby the only request is you

i want you (i want you) 
i need you (i need you)
i love you (i love you) 
bertemu denganmu
semakin dekat jarak di antara kita, 
maximun high tention

i want you (i want you) 
i need you (i need you)
i love you (i love you) 
di lubuk hatiku
rasa sayang yang terus menerus meluap, 
heavy rotation, 
heavy rotation