Assalamu'alaikum

Assalamu'alaikum

Selasa, 17 Juni 2014

Serunya Berkunjung Ke Mizan Publishing bersama PARASUT Karisma ITB

Haiii.. wah udah lama bangeeet nih aku ga nge blog, udah kurang lebih satu tahun mungkin yaaaa^^
Me : Nah kali ini aku mau nulis apa yaaa?
You : Cerita tentang Berkunjung ke Mizan Publishing
Me : Apa? berkunjung ke Mizan Publishing?  Loh kok tau sih?
You : Ya iyalah, udah ketauan kalii dari judul post nya..
Me : Oh iyaaa yah, aduh >_< seharusnya aku bikin judul pos yang bikin penasaran yaaa, biar ga ketebak orang >_<

Okee deh, langsung aja yuk ahh...

Hari Senin, tanggal 16 juni, aku ikut kegiatan yang nama nya PARASUT. Parasut? apa itu?
Jadi. parasut itu kegiatan mengisi liburan yang mengajak kita berpetualang di dunia jurnalistik.. Parasut ini diadakan selama dua hari, hari Senin (16) dan Selasa (17). Siapa sih yang ngadain kegiatan yang keren ini? Yang ngadain nya itu Karisma ITB.. Karisma ITB ? Apa itu Karisma ITB?
Karisma ITB itu singkatan dari Keluarga Remaja Islam Masjid Salman ITB.. Nah udah nih prolog nya, langsung yuk ke cerita kegiatannya gimana..

Kegiatan Hari Senin (16), aku bersama karisma mengunjungi Mizan Publishing yang berada di daerah Cisaranten Wetan - Ujung Berung Bandung.

Kami kumpul di Salman jam 8 pagi (aku ngaret 10 menit sih hehehehe). Sebelum berangkat, kami pastinya tak lupa untuk membaca doa dan membaca ayat suci Al Quran, agar perjalanan berjalan lancar dan berkah.
Kami pun men carter angkot dan langsung melesaaaaat menuju Mizan publishing, dan sampai di tujuan sekitar pukul 9.30 WIB.
Begitu masuk ke dalam, kami langsung di sambut oleh bagian promosi dari Mizan, namanya Kak Nir (aduh aku lupa sih, tapi kalau ga salah namanya Kak Nir), Kami duduk di kursi yang telah disediakan dan mendengarkan penjelasan dari Manager editor Mizan bagian remaja, namanya bapaaaaaaak (aduh maaf Pak siapa ya? -__- *ketauan deh aku pelupa banget * Kalau ga salah sih Pak Beni, tapi itu kalau gak salah yaa *maaf ya pak). Pak Editor menjelaskan banyaak hal mulai dari cerita tentang mizan itu sendiri, cara agar tulisan kita bisa diterima penerbit, tips-tips menjadi penulis pemula, manfaat menjadi penulis, dan masih banyak lagi (untuk tips-tips ini mudah-mudahan bisa aku jelasin di lain pos ya ^_^ ). Setelah Pak Editor selesai menjelaskan, dibukalah sesi pertanyaan. Karna waktu terbatas, jadi hanya dipersilahkan lima pertanyaan, dan yang bertanya diberi sebuah buku dari Mizan (aku nanya lhooo, jadi dapet buku! horeee Alhamdulillah :D). Sebelum berlanjut, pada penasaran ga dengan bagian dalam gedung Mizan Publishing? Nyaman banget lhoo, sejuk, banyak bukunya..
Ini nih penampakan bagian dalam gedung Mizan Publishing

Naaah, setelah sesi pertanyaan, Kak Nir mengajak kita menjelajah ke bagian percetakan Mizan.. wuuuuh banyaaak banget alat-alatnya. Tapi yang paling serem sih alat pemotong kertas O_O, kenapa serem? karena kertas tebal sebanyak 2 rim saja langsung terpotong dengan rapi hanya sepersekian detik. (Kalau kita potong kuku di sana gimana yaaa? )
Oh ya penasaran dengan proses percetakan sampai dengan hasil akhir menjadi sebuah buku cantik? Ini nih sedikit prosesnya...
Pertama terdapat beberapa jenis kertas sesuai dengan kebutuhan buku, dan jenis kertas ini dijelaskan Kak Nir mempengaruhi harga jual buku itu sendiri. Tapi jangan khawatir, walaupun banyak jenis kertasnya, Mizan pasti memilih kertas dengan kualitas terbaik ;)
Ini nih foto jenis-jenis kertas yang digunakan mizan



Nah udah gituu, kertas ini dimasukin ke mesin pemotong kertas buat dipotong bagian salah satu sisinya (biar rapih mungkin ya).. ini nih mesin yang menyeramkan ituuu

Nah udah gitu ada nih yang namanya plat cetak, bentuknya seperti iniii

Plat cetak ini berfungsi sebagai dokumen mungkin yaa (bahan yang akan dicetak), nah langsung dicetak dan di perbanyak. Setelah itu, karna waktu percetakan kertas belum tersusun sesuai nomor halaman, maka dilakukan lah pengurutan halaman. Setelah itu, proses pengeleman. Karna setelah dilem bagian sisi atas, bawah, dan kanan belum rapi, maka dilakukan proses pemotongan kertas lagi. Namun alatnya sedikit berbeda, jika alat pemotong yg pertama pisaunya hanya satu sisi, alat yang ini mempunyai 3 mata pisau.
Ini alat-alatnya :






Maaf nih urutan alat nya aku lupa jdi alatnya ga dikasih keterangan, maaf yaa :(
Oh iyaa lanjut yaaa.. setelah itu, buku pun sudah jadii!

Ehm, tapi sepertinya ada yang kurang ya? apa ya kira-kiraa? 
Yaaap betul, buku itu belum dibungkus plastik. kalau di toko buku kita menemukan buku yang udah ga ada plastiknya, biasanya kita ga mau kan ya? Nah makanyaa proses ini juga tak kalah penting...

Taraaaaaaaaa.... buku pun siap untuk didistribusikan ke kota-kota di Indonesia :D

Naah setelah selesai di percetakan, kita diajak mengunjungi kantor Mizan Media Utama, yaitu kantor distribusinya.. Inii penampakan kantornya


Teman-teman ada yang mau berkunjung ke Mizan juga? waah boleh banget dong, ini nih alamatnya ;)
Kantor Pusat : Jl. Cinambo No. 135, Cisaranten Wetan Ujungberung, Bandung 40294. Telp. (022) 7834310 Faks. (022) 7834311 Email : info@mizan.com

Distribusi : Jl. Cinambo (Cisaranten Wetan) Np. 146 Ujungberung, Bandung 40294. Telp. (022) 7815500 Faks (022) 7802288 Email : mizanmu@bdg.centrin.net.id

Apalagi kalau teman-teman hobi menulis, dan punya naskah tulisan berupa novel atau lainnya, boleh banget dong dikirim ke Mizan Publishing, siapa tahu naskah teman-teman menarik dan bisa diterbitin, kan lumayan banget selain kita bisa punya buku sendiri, kita juga dapat royalti.. waaah, lumayan banget dong buat jajan, atau lebih bagus lagi kalau bantu orang tua. Apalagi kata pak editor, kalau kita jadi penulis produktif, royalti yang kita dapet bisa lebih besar, waaaaah ngiler ga tuh? Yuk ahh mari mulai menulis tapi jangan lupa untuk tetap membaca yaaa, karna dengan membaca kita jadi banyak dapat ilmu dan referensi ;)

Yaaah sudah selesai deh perjalananya.. Tapi tenang, masih ada perjalanan parasut hari ke dua lhoo, penasaran kita berkunjung ke mana? Tunggu postingan selanjutnya yaaaa, yang jelas perjalanannya ga kalah seru deh!

Okee sekian dulu ya cerita kali ini, mohon maaf kalau banyak kurangnya yaa, maklum nih udah lama banget ga ngeblog hehe.. Hayu ahh, dadah, Assalamu'alaikum.. ;)

Info kegiatan Karisma : @KarismaITB

Sumber : http://sahabatfiksi.blogspot.com/2011/01/daftar-alamat-penerbit.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar